KECEMASAN MATEMATIKA (Math Anxiety)
Kecemasan matematika adalah perasaan
cemas atau takut yang menimbulkan ketidak-tenteraman hati dalam hubungan
dengan kegiatan-kegiatan matematika, misalnya kegiatan belajar-mengajar
matematika, atau rasa cemas dalam mengikuti tes matematika.
Freedman (2001, dalam Johnson, 2003:5) mendefinisikan kecemasan matematika sebagai "an emotional reaction to mathematics based on past unpleasant experience which harms future learning". Jadi kecemasan matematika merupakan reaksi emosional siswa berdasarkan pengalaman tidak menyenangkan sebelumnya, yang mengganggu proses belajar selanjutnya. Jika sebelumnya siswa memeperoleh hasil belajar yang baik maka kemungkinan ia terhindar dari rasa cemas yang berlebihan. Sebaliknya jika sebelumnya siswa memperoleh hasil belajar yang buruk, maka kemungkinan besar pada usaha belajar matematika selanjutnya ia mengalami tingkat kecemasan yang besar.
Kecemasan matematika bisa menjadi
fenomena umum dan menjadi hambatan dalam usaha belajar matematika. Kecemasan
matematika bisa diikuti sikap menghindari matematika, yang menimbulkan math-phobia, yakni suatu penyakit mental dimana penderitanya takut pada matematika sebelum dia mencoba melakukan matematika. Dapat juga dikatakan bahwa kecemasan
matematika adalah "perasaan tegang dan takut yang mengganggu kinerja
matematika seorang siswa"
Kecemasan matematika berkaitan dengan
perasaan dan sikap negatif tentang matematika. Kecemasan ini dapat melanda
manusia segala umur, mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Dapat diduga bahwa
dalam pembelajaran matematika, adanya kecemasan matematika dapat mengurangi
kepercayaan diri dan motivasi siswa. Sehingga siswa cenderung menghindari
matematika. Pikiran-pikiran negatif siswa menghantui diri mereka. Mereka cemas
terhadap timbulnya konsekuensi buruk dalam melakukan atau menyelesaikan masalah
matematika,termasuk ujian/tes matematika.
Referensi:
Skemp, R.R. 1987. Psychology of Learning
Mathematics.Expanded American Edition.
Dimyati dan
Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dacey, J. &Kenny, M. 2000.Adolesence development
Secondedition. United States of America: Times Mirror Higher Education
Group Inc.
Faradiba, Surya Sari. 2016. “Jurnal Pendidikan
Matematika.” 2(1978): 166–71.

Komentar
Posting Komentar